-->

Pengertian tentang Alat Musik

Monday, November 3, 2014 : 1:24:00 PM

Pengertian Alat Musik adalah instrumen atau alat yang sengaja diciptakan atau diadaptasikan dengan tujuan supaya dapat menghasilkan suara musik.    Walau pada prinsipnya, apa saja yang bisa menghasilan suara dengan nada-nada tertentu yang bisa dimainkan oleh pemusik/musisi sudah bisa dikatakan kalau alat tersebut adalah alat musik namun secara khusus alat yang dibuat dengan tujuan hanya untuk musik saja.

Alat musik sengaja dibuat bahkan dari bentuk, gaya dan juga menggunakan bahan-bahan yang berbeda-beda.  Menurut sejarah alat musik pada awalnya dibuat dari benda-benda disekitar yang mudah ditemukan seperti kerang atau kulit-kulit binatang dan juga bagian tanaman.

Baca Juga: Pengertian dan Sejarah Tentang Seni Musik


Seiring berkembangnya zaman alat musik berevolusi dengan muncul berbagai macam variasi dan kualitas bahanpun ikut diperhatikan.  Hampir semua yang terdapat dialam telah telah digunakan oleh setidaknya satu budaya untuk membuat alat musik.
Tujuan awal dibuatnya alat musik adalah untuk mengadakan ritual, seperti :
  • Terompet digunakan untuk memberikan sinyal pada saat mereka telah berhasil dalam berburu.
  • Dukun yang kemungkinan biasanya menggunakan drum pada saat melakukan upacara keagamaan.
Seiring kebudayaan masyarakat semakin berkembang dan kini dapat anda ketahui bahwa nada-nada atau melodi yang dihasilkan alat musik juga ikut berkembang menjadi sebuah hiburan.
Nah itulah sekilas tentang pengertian alat musik semoga bermanfaat.

Saat ini 0 comments :